“Kalau bicara soal Tempat Outbound Terbaik di Puncak Bogor, ya jelas Taman Wisata Matahari dong.”

Begitulah komentar salah seorang peserta program Outbound Team Building sebuah perusahaan langganan Putramatahari Outbound ketika ditanya pendapatnya tentang Taman Matahari sebagai lokasi outbound.

Istilah outbond pertama kali digunakan di Inggris, sebagai sarana pelatihan anak buah kapal. Kegiatan atau pelatihan yang umumnya bersifat menyenangkan dan penuh tantangan.

Menyenangkan karena kegiatan diisi dengan game-game yang bertujuan mengolah fisik dan mengolah otak, serta lucu. Sedangkan penuh tantangan karena sebagian kegiatan dilakukan di luar ruangan yang dibuat penuh tantangan.

Awalnya, di Indonesia outbond merupakan kegiatan anak-anak. Kemudian seiring dengan waktu, teknologi, dan tantangan pekerjaan serta kebutuhan sumber daya manusia yang semakin meningkat dibuatlah outbond untuk keperluan berbagai usia dan meningkatkan kerjasama tim.

Hingga saat ini banyak tempat wisata yang sekaligus mengadakan wisata outbond yang diolah oleh satu tim khusus, Outbound Taman Wisata Matahari salah satunya.

Ada dua macam permainan yang dilatih dalam outbond. Permainan tersebut, yaitu :

Outbond Soft Skills

Permainan outbond soft skills adalah permainan yang lebih banyak membutuhkan kekuatan pikiran dan keyakinan dalam diri peserta. Umumnya kegiatan bertujuan untuk melatih kemampuan pribadi dan interpersonal atau hubungan seseorang dengan orang lain.

Yang dilihat adalah kepercayaan terhadap teman kelompok dan kerjasama tim. Permainan ini umumnya menggunakan game-game tanpa alat. Diciptakan atau dipandu oleh fasilitator outbound yang ada. Yang termasuk permainan jenis ini adalah permainan puzzle secara berkelompok, grass in the wind, spider web, blind walk, dan sebagainya.

Outbond Taman Wisata Matahari sebagai tempat wisata yang berkonsep rekreasi dan wisata edukasi juga menyediakan sarana outbond soft skills. Itu sebabnya, wisata outbond diberikan dalam bentuk paket dengan minimal peserta.

Nantinya para peserta akan dibagi dalam kelompok-kelompok untuk mengembangkan permainan outbond soft skills ini. Tim pemandu outbond adalah orang-orang yang sudah diberi pelatihan untuk membuat acara permainan berlangsung secara menyenangkan. Mereka sendiri juga tentunya sudah berpengalaman melakukan hal yang sama dan merasakan manfaatnya.

Outbond Hard Skills

Outbond hard skills, sesuai dengan namanya merupakan permainan dalam outbond yang lebih banyak melatih kemampuan fisik seseorang dan kelompok. Ke depannya dengan latihan fisik diharapkan seseorang meningkat kemampuan kerja dan kedisiplinannya.

Dengan outbond hard skills kecepatan dan ketepatan kerja seseorang dan timnya akan meningkat, serta dapat menyelesaikan semua rintangan yang ada. Permainan ini umumnya menggunakan alat atau sarana dan prasarana yang ada di tempat outbond.

Fasilitas Outbound Lengkap

Sarana yang dapat dibuat secara spontan sesuai kebutuhan atau sarana yang memang disediakan dalam wisata outbond. Yang termasuk dalam permainan ini, antar lain pipa bocor, rafting, flying fox, dan lain-lain.

Di Taman Wisata Matahari, sarana outbound hard skills yang disediakan antara lain adalah:

  • Spider Web
    Sebuah jaring seperti jarring laba-laba yang digunakan untuk memanjat. Aturan main padat berbeda-beda sesuai intruksi. Yang jelas, setiap peserta harus melalui jaring tersebut dan berpindah dari satu sisi ke sisi yang lain. Manfaat yang diambil dalam permainan ini, antara lain tim work, target, inovasi dan kreativitas dalam mencapai tujuan, dan kedisiplinan.
  • Flying Fox
    Flying fox merupakan sarana outbnd favorit di semua tempat wisata, tidak terkecuali Taman Wisata Matahari. Permainan tantangan ini berupa seluncuran dari sling baja dari satu titik ketinggian tertentu ke satu titik di bawah atau seberangnya. Manfaat yang diambil adalah ketepatan dalam mengambil keputusan dan kemampuan menghilangkan rasa takut. Menjadi favorit karena umumnya orang yang berhasil melalui permainan ini akan merasakan sensasi yang menegangkan dan memuaskan. Membuat seseorang ingin mencobanya berulang-ulang.
  • Birma Croseer
    Permainan meniti bambu dengan panjang dan ketinggian tertentu. Manfaat dari permainan ini adalah motivasi dalam melaksanakan tugas dengan baik, diiringi dengan evaluasi diri jika mengalami kegagalan.

Semua permainan, outbond soft skills dan outbond hard skills di Taman Matahari dipandu oleh pemandu atau fasilitator yang berpengalaman. Di samping itu, alat-alat yang digunakan mempunyai keamanan berstandar tinggi. Anda dan siapapun tim yang diajak mulai dari usia sekolah tidak perlu khawatir dengan hal tersebut.

Permainan outbond juga akan sesuaikan dengan usia dan kebutuhan yang disampaikan oleh pimpinan rombongan sebelum keberangkatan.

Masih ragu dengan serunya event outbound di Taman Wisata Matahari? Anda harus datang dan membuktikan sendiri manfaatnya. Sekali datang, Anda akan rindu untuk datang kembali.

Selamat berekreasi dan berpetualang di Taman Wisata Matahari.

Bagikan informasi ini dengan menyalin tautan pendek ini https://goo.gl/WoyAbQ