Manfaat Wisata Outbound di Taman Matahari

Dengan semakin berkembangnya teori tentang pendidikan, semakin disadari bahwa pembelajaran yang memposisikan anak sebagai subyek harus diperbesar. Oleh karena itu, dua puluh tahun belakangan, kurikulum pendidikan sering berganti untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman, kebutuhan anak, dan kebutuhan bangsa dan negara di masa depan. Pembelajaran di luar kelas menjadi kebutuhan yang mendasar. Pembelajaran ini disesuaikan dengan kebutuhan anak dan ketersediaan alam sekitar. Belajar yang zaman dahulu hanya mendengarkan guru di dalam kelas, berusaha diubah menjadi kegiatan yang lebih menyenangkan.

Salah satu kegiatan menyenangkan dan menyatu dengan alam yang dikembangkan adalah outbond. Outbond adalah suatu kegiatan berkelompok (bisa kelompok besar maupun kecil) menantang dan dilakukan di alam terbuka. Dengan semakin berkembang dan banyaknya kebutuhan akan sarana outbond ini, maka banyak bermunculan tempat wisata yang sekaligus menyediakan wisata outbond. Manfaat outbond bagi siswa dan anak-anak, antara lain :

  1. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Kegiatan outbond menumbuhkan rasa percaya diri anak, karena seluruh kegiatan dibuat menyenangkan. Anak yang semula takut ketinggian akan meaajdi lebih berani. Anak yang semula tidak berani mengeluarkan pendapat akan berani tampil, dan seterusnya.

  1. Melatih Kemampuan Sosial atau Kecerdasan Sosial

Kegiatan outbond yang dilakukan secara berkelompok akan melatih kemampuan dan kecerdasan sosial anak. Anak akan belajar berkomunikasi dengan teman-teman satu tim. Belajar menghargai teman, mentaati peraturan yang ada, dan belajar bekerja sama dalam tim yang kompak.

  1. Meningkatkan Kemandirian Anak

Manfaat selanjutnya adalah melatih kemandirian anak. Kegiatan alam yang dilakukan akan membuat anak tidak lagi tergantung dengan orang tua yang biasanya selalu siap membantu jika mereka mengalami kesulitan. Di arena outbond segala sesuatu mereka harus lakukan sendiri bersama kelompok.

  1. Meningkatkan dan Melatih Kemampuan Memecahkan Masalah

Outbond umumnya mempunyai kegiatan yang diselingi dengan berbagai game tantangan alam dan tantangan berpikir. Mendapatkan tantangan berpikir, anak akan berlatih menyelesaikan masalahnya sendiri dan menyatukan pendapat dengan teman sekelompok. Anak akan belajar menerima beberapa perbedaan pendapat dan menghasilkan pendapat yang mewakili kelompoknya.

  1. Melatih Motorik Anak

Kegiatan outbond yang berada di alam terbuka tentu saja lebih banyak menggunakan motorkc anak. Dengan demikian kemampuan motorik kasar dan halus akan semakin baik. Anak belajar berjalan di balok titian, belajar memanjat dengan tali, dan belajar meluncur di atas ketinggian tertentu. Motorik anak akan semakin terasah.

  1. Menumbuhkan Rasa Cinta pada Alam

Terakhir, wisata outbond menumbuhkan rasa cinta pada alam. Anak berinteraksi dengan alam. Memandang dan mengagumi keindahannya. Pada beberapa tempat, paket wisata outbond akan diiringi atau ditambah dengan kegiatan lain, seperti agro sawah dan menangkap ikan. Anak yang tinggal di kota akan lebih mencintai dan mengenal alamnya.

Taman Matahari tempat wisata murah dengan harga terjangkau adalah salah satu tempat wisata yang menyediakan wahana wisata outbond untuk anak. Sama dengan wahana pendidikan lain yang berada di sini, konsep yang dibuat benar-benar alami. Outbond menyatu dengan alam. Sesuai dengan tujuan dan manfaat outbond itu sendiri. Fasilitas yang disediakan lengkap, mulai dari mentor dan trainer berpengalaman, fun games, sarana outbond yang lengkap (sepeti flying fox), dan sebagainya.

Wahana Outbond di Taman Matahari mempunyai tempat yang cukup luas. Hal ini memungkinkan anak dengan leluasa melakukan berbagai kegiatan yang ditentukan dan dipilih dalam paket outbond for kids. Trainer yang berpengalaman dengan games-games seru akan melatih cara berpikir anak dalam menghadapi berbagai masalah dengan sudut pandang yang berbeda. Trainer juga akan mengajak kelompok-kelompok yang dipimpinnya untuk lebih percaya diri dan bersatu dalam kelompok.

Wahana Outbond di Taman Matahari aman bagi anak. Aman karena semua fasilitas yang dibutuhkan anak sudah dilengkapi dengan standar keamanan yang tinggi. Orang tua dan guru tidak perlu khawatir untuk melepaskan anaknya melakukan kegiatan di sini. Trainer yang berpengalaman juga mempengaruhi hal tersebut. Mereka dengan sigap akan membantu semua kesulitan yang dialami anak dan melindunginya, sambil tetap memupuk rasa percaya diri.

Mengikuti kegiatan di Wahana Outbond di Taman Wisata Matahari akan mendapatkan berbagai fasilitas sesuai dengan paket yang dipilih. Taman Matahari luas dan dilengkapi banyak fasilitas dan wisata lain, sehingga selepas melakukan kegiatan outbond anak bisa mengunjungi berbagai tempat lainnya. Anak dapat mengunjungi Wahana Air Water Park dan berenang atau sekedar jalan-jalan mengelilingi seluruh area yang indah.

Wahana Outbond di Taman Matahari benar-benar menjadi tempat wahanan wisata edukasi yang layak dikunjungi sekolah dan siswa-siswanya. Semua kegiatan yang dilakukan di sini akan membawa kenangan yang indah dan tak terlupakan bagi mereka. Kami tunggu kedatangan Anda. Selamat datang di Wisata Taman Matahari.