Wisata Edukasi Taman Matahari, Aman dan Murah

paket-wisata-edukasi-agro-agrosayur

Wisata Edukasi Taman Matahari, Aman dan Murah. Kebutuhan akan wisata edukasi kini semakin meningkat. Seiring mulai berkembangnya kurikulum sekolah, khususnya kurikulum 2013 yang mengaitkan antara pelajaran di sekolah dengan kehidupan nyata atau kehidupan sehari-hari. Agar kelak anak atau dalam hal ini siswa bisa tumbuh menjadi pribadi yang peka terhadap lingkungan sekaligus kuat menghadapi segala tantangan zaman.

Namun, tidak semua tempat wisata bisa menyediakan wahana wisata edukasi atau wisata pendidikan. Ada beberapa syarat yang harus dimiliki wisata pendidikan, yaitu :

  • Aman

Wisata edukasi harus aman. Karena sebagian besar pengunjungnya adalah anak-anak usia sekolah dan pra sekolah. Mereka datang untuk berwisata atau bersenang-senang sekaligus mendapatkan pelajaran darinya. Bermain sambil belajar. Aman berarti fasilitas yang ada tidak berbahaya, lingkungannya mendukung keamanan, kegiatan yang dilakukan aman, dan pembimbing yang memberikan rasa aman juga.

  • Mengeksplore Seluruh Kemampuan Anak

Wisata edukasi adalah kegiatan yang mengeksplore seluruh kemampuan anak. Baik itu segi berpikir, bahasa, dan motoriknya. Dalam kegiatan, semua bagian diasah. Apa yang dipelajari di sekolah beberapa hal dapat dipraktekkan di lapangan. Misalnya, di sekolah dalam Bahasa Indonesia diceritakan tentang peternakan sapi. Wisata edukasinya adalah berkunjung ke peternakan sapi. Melihat dan mempraktekkan cara memelihara sapi, memerah susunya, hingga membuat beberapa produk dari susu.

  • Fun

Meskipun kegiatan edukasi, maka wisata tetap harus menyenangkan. Ini sekaligus sebagai sarana anak melepaskan diri dari kejenuhan rutinitas sekolah. Agar menyenangkan, umumnya anak bisa mencoba semua kegiatan. Terkadang diselingi dengan games.

Wisata Edukasi di Taman Matahari, Cisarua, Bogor memenuhi syarat wisata edukasi di atas. Selain itu, paket yang ditawarkan di Taman Matahari lebih murah dibandingkan tempat lain. Ini dikarenakan Taman matahari mempunyai banyak fasilitas. Sehingga setiap paket akan memberikan kepuasan dan semua kebutuhan terpenuhi. Beberapa wahana yang dapat dikategorikan wisata edukasinya adalah :

  1. Wahana Agro Sawah

Paket agro sawah atau menanam padi mengajarkan anak untuk mengenal keseharian lingkungan sawah, di mana padi atau beras yang dihasilkannya menjadi makanan pokok Bangsa Indonesia. Anak akan lebih dekat dan mengenal petaninya. Di sini mereka juga dapat mencoba berbagai kegiatan yang berhubungan dengan menanam padi. Kegiatan tersebut misalnya :

  • membajak sawah dengan kerbau (anak dapat mencpba naik kerbau)
  • menanam padi (anak langsung turun ke sawah)
  • menumbuk padi (mengenal bagaimana cara padi bisa menjadi beras)
  • memandikan kerbau

Semua kegiatan dilakukan degan pembimbing dan petani setempat yang sudah mengenal seluk beluk kegiatan sawah dengan baik sehingga terjamin kemanannya.

  1. Agro Sayur

Paket wisata agro sayur dapat juga dijadikan pilihan untuk berwisata edukasi di Taman Matahari. Di sini, anak diajak untuk mengenal alam dan lingkungan sekitar, khususnya sayur-sayuran dan buah-buahan. Seperti halnya agro sawah, anak akan diajak ke kebun sayur dan mencoba menanamnya. DI tempat ini juga disediakan pembimbing khusus bagi tiap kelompok yang akan mendmpingi kelompok-kelompok kecil anak.
Beberapa hal yang dilakukan di wahana agro sayur, antara lain :

  • mengenal tentang jamur dan sayuran
  • cara pembuatan pupuk kompos
  • praktek menanam dan panen sayuran
  • memberi makan kelinci dan kambing yang terdapat dalam wahana
  1. Wahana Penerbangan

Wahana pesawat terbang Boeing 737-200 dapat dikatakan sebagai wahana terbaru dari Taman Matahari. Di sini anak diajak naik pesawat asli jenis Boeing 737-200 yang tentu saja tidak berjalan sungguhan. Namun, anak dapat berkeliling di seluruh bagian pesawat untuk melihat isinya. Selain itu, anak yang mendapat kesempatan menjadi pilot dan duduk di kokpit. Sebuah pengalaman yang luar biasa tentunya. Siapa tahu dari anak yang berkunjung kemudian berita-cita menjadi pilot dan berhasil menjadi pilot handal. Selain mencoba masuk pesawat asli, biasanya wisata edukasi wahana penerbangan termasuk pula mengunjungi museum penerbangan di Taman Matahari.

  1. Taman Lalu Lintas

Wahana edukasi ini sangat cocok untuk pembelajaran berlalu lintas sejak dini. Anak akan diajak masuk ke dalam lalu lintas mini lengkap dengan segala rambunya dan mencoba berkeliling menggunakan kendaraan mini di taman lalu lintas mini.

  1. Wahana Outbond

Outbond menjadi sarana edukasi yang sangat terkenal bagi siswa TK sampai SMA di beberapa tahun belakangan. Dengan mengikuti outbond anak diajak belajar banyak hal, seperti melatih kerjasama kelompok, keberanian, petualangan, dan kemampuan berpikir cepat. Hal tersebut yang diakomodir oleh Taman Matahari. Dengan fasilitator yang handal, paket outbond for kids sangat cocok untuk wisata lapangan anak usia sekolah. Di sini akan disajikan berbagai games karakter dan failitas outbond umumnya.

  1. Wahana Taman Burung dan Wahana Taman Reptil

Wahana ini mengenalkan anak akan berbagai jenis fauna khas Indonesia. terdapat berbagai jenis burung di dalam aman burung dan berbagai jenis reptil di taman reptil. Khusus untuk taman burung dan taman reptil bisa dikunjungi secara pribadi. Tidak perlu secara berkelompok seperti wahana agro sawah, agro sayur, dan outbond.

Cukup banyak wahana edukasi di Taman Matahari. Dengan harga yang terjangkau, sekali kunjungan Anda dapat sekaligus mengunjungi berbagai wahana. Cocok untuk keluarga, sekolah, acara reuni, dan berbagai acara kantor. Kami tunggu kunjungan Anda. Selamat menikmati wisata di Taman Matahari.

https://goo.gl/fVudst